Kamis, 11 Oktober 2012

Soes manis lembut

aloha, si empu rumah jarang nongol nich. maafkan saya, pembaca.. (moga2 ada yg baca).
nah, kali ini saya mau cerita sikit tentang keberhasilan saya bikin soes.
nich, kue orang barat, tp sangat familiar di indonesia. bikinnya memang simpel sih,
tp kesulitan utama ada ketika mulai men"spuit" adonannya ke loyang.
well, saya butuh 5 kali transaksi eh salah.. trial yang baru saja kali ke lima baru berhasil menspuit dengan benar. (maksud benar, standar saya  ya jadinya mirip dengan soes2 yang ada selama ini, sebelumnya mah gak )

si Ibu ku dah hopeless ngeliat aku setiap kali nyoba kue ini..hehehe.. dan ketika jadi..
dia joged2 gak keruan.

hahaha..
itu cerita dibalik eksperimen kami
nah, mari cerita ttg resep yang kupakai.

seperti biasa, saya ini fans nya bu Fatmah. dan dengan bangga saya selalu bilang, She has beautiful recipes yang orang gak bisa nggoreng telor jadi bisa bikin kue. (lebai banget ya..hahaha)

ok, fokus, cerita resep.

berikut ini
Adonan Dasar Kulit Sus

Bahan:
200 ml air (kalo mau enak sih bisa dengan 150 ml air + 50 ml susu cair)
125 gr Margarine (selalu gunakan margarine yang favoritmu ya)
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:
  1. Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.


Vla Vanilla
Bahan:2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr  gula pasir
1 sdm rhum (aku gak pake)
Cara membuat:
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan.
  2. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.


dan jadinya  seperti berikut ini..
well, not bad lah ya

lumayan lembut memanjakan lidah.

lumayan buat ide tuk ngisi snack box kalo ada event2 nantinya.

so , pesan saya
maju terus pantang mundur..
walau habis berpuluh2 telor..tetap semangaat kreatif di dapur..!!

^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar